VISI DAN MISI
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TALANG UBI
V I S I
“Mewujudkan Lulusan yang berkarakter dan beraklaq mulia Siap Kerja, Berwirausaha dan Berkarya dalam bidang industri Teknologi dan Informasi yang professional berskala global.”
M I S I
STRUKTUR PROGRAM STUDI
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Kepala Program Studi : Sri Ayu Lestari, S.SI.
Kepala Laboratorium Komputer : M. Ali Al Husain, S.SI.
Guru Produktif TKJ : 1. Hendriyanto, S.Kom.
2. Vipa Anggraini, S.Kom.
3. Yulia Supriantin, S.Kom.
4. Fernando, S.Kom.
5. Normanisah, S.Kom.
6. Eko Cahyono, S.Kom
Apa itu jurusan TKJ ?
Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi. Siswa jurusan TKJ dididik untuk mampu melakukan installasi jaringan komputer, kemampuan algoritma dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, pengoperasian perangkat lunak, dan internet.
Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras.
Kategori Pelajaran
Didalam pembelajaran SMK selain mata pelajaran umum terdapat juga mata pelajaran produktif. Mata pelajaran produktif adalah pembelajaran kejuruan yang menghadirkan kemampuan khusus yang diberikan kepada siswa sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
Pembelajaran produktif diberikan di Laboratorium / instalasi masing-masing jurusan. Mata pelajaran produktif sendiri terbagi menjadi 3 golongan yaitu C1, C2, dan C3.
C1 adalah Dasar Bidang Keahlian
C2 adalah Dasar Program Keahlian
C3 adalah Kompetensi Keahlian
Berikut daftar produktif Teknik Komputer dan Jaringan Dasar :
Mata pelajaran yang tergolong C1 yaitu :
Pelajaran ini akan dipelajari ketika duduk di kelas X.
Mata pelajaran yang tergolong C2 yaitu :
Semua pelajaran C2 ini juga dipelajari di kelas X.
Adapun mata pelajaran yang tergolong C3 adalah :
Apa saja yang dipelajari di TKJ ?
Mempelajari tentang ilmu komputer dalam Sistem Bilangan, Gerbang Logika, Aritmatika, mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network).
Mengetahui perangkat-perangkat dasar jaringan komputer, Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja, menerapkan perakitan komputer, menganalisis permasalahan pada perangkat keras, menginstal sistem operasi dan perangkat lunak lainnya.
Mempelajari Dasar Desain Grafis dengan menggunakan software desain grafis, pengenalan jenis-jenis gambar, mencetak dokumen, memindai dokumen dan lainnya.
Menerapkan alur logika pemrograman komputer, Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman, Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi, Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi dan lain-lain.
Menganalisis jaringan berbasis luas, mengevaluasi jaringan nirkabel, mengevaluasi permasalahan jaringan nirkabel, memahami jaringan fiber optic, mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic, menerapkan fungsi alat kerja fiber optic, mengevaluasi penyambungan fiber optic
Belajar bagaimana cara membangun sebuah sarana jaringan baik itu skala kecil (LAN) maupun skala besar (WAN), memilih perangkat mana yang perlu dipakai untuk jaringan yang akan, mengkonfigurasi perangkat, mengenal apa itu internet, OSI Layer, Protokol, Subnetting, Cisco, Mikrotik dan perangkat lainnya.
Menginstalasi sistem operasi jaringan baik windows maupun linux, mengkonfigurasi server sistem jaringan, mengkonfigurasi layanan server seperti DHCP, Mail, Database dan web, memperbaiki sistem jaringan dan sebagainya.
Memahami ragam aplikasi komunikasi data, Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan, Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan, Memahami konsep kerja protokoler Server softswitch, Memahami fungsi firewall pada jaringan VoIP dan sebagainya.